Selasa, 23 April 2019

Pohon Bungur

POHON BUNGUR









Menurut wikipedia.org Bungur atau bahasa latinnya  Lagerstroemia adalah sejenis tumbuhan berwujud pohon atau perdu yang dikenal sebagai pohon peneduh jalan atau pekarangan. Bunganya berwarna merah jambu, bila mekar bersama-sama akan tampak indah. Perbanyakan anakannya berasal dari biji yang keluar setelah proses pembungaan selesai. Bijinya berbentuk bulat berwarna coklat sebesar kelereng. Selain itu bisa juga diperbanyak dengan pencangkokan


Ada dua jenis bungur yang populer sebagai tanaman hias pekarangan: bungur biasa/besar/kebo (L. speciosa), pohon besar mencapai 8 m, dan bungur jepang (L. faurieri, L. indica, dan hibrida keduanya) yang lebih kecil, berbentuk perdu. Bungur besar selain ditanam sengaja di pinggir jalan raya dan halaman rumah, juga banyak tumbuh liar di tepian sungai. 


di SMPN 1 Maja dahulu dipenuhi oleh pohon bungur, sehingga daerah dan nama jalanpun disebutnya jalan Bukit Bungur atau SMP Bukit Bungur, karena itu tadi  banyak sekali ditanami pohon bungur di sekitar sekolah, hanya sayang sekali saat ini pohon tersebut tinggal satu satunya yang tumbuh di halaman SMPN 1 Maja.

Itulah Pohon Bungur yang identik dengan SMPN 1 Maja atau SMP Bukit Bungur yang beralamat di Jalan Bukit Bungur No. 106 Maja – Majalengka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RPP Kelas 7 Semester 1